Apa Itu Historiografi - Sejarahna - Media Edukasi Universal

Breaking

Wednesday 7 November 2018

Apa Itu Historiografi


Apa Itu Historiografi - Historiografi adalah kajian mengenai metode sejarawan dalam pengembangan sejarah sebagai disiplin akademis, dan secara luas merupakan setiap karya sejarah mengenai topik tertentu.

Historiografi tentang topik khusus melingkupi tentang bagaimana sejarawan mengkaji topik tersebut dengan menggunakan sumber, teknik, dan pendekatan teoretis tertentu. Para sarjana telah mendiskusikan historiografi dengan topik  – seperti "historiografi Indonesia", "Historiografi Islam awal", "Historiografi Tiongkok" – serta berbagai pendekatan dan aliran, seperti sejarah politik dan sejarah sosial.

Sejak abad ke-19, dengan bangkitnya sejarah akademis, mulai berkembang bentuk literatur historiografi. Sejauh mana sejarawan dipengaruhi oleh kelompok dan loyalitas mereka sendiri – seperti kepada negara bangsanya - menjadi permasalahan yang diperdebatkan.

Ketertarikan penelitian sejarawan berubah sepanjang waktu, dan telah ada pergeseran jauh dari diplomasi, ekonomi, dan politik tradisional menuju pendekatan yang lebih baru, khususnya sosial dan sejarah budaya.

Sejak 1975 sampai 1995, proporsi profesor sejarah di universitas Amerika yang diidentifikasi dengan sejarah sosial naik dari 31 ke 41 persen, sedangkan proporsi sejarawan politik menurun dari 40 ke 30 persen.

Pada 2007, dari 5.723 fakultas di departemen sejarah di universitas Britania, 1.644 (29%) mengidentifikasi dirinya dengan sejarah sosial dan 1.425 (25%) mengidentifikasi dirinya dengan sejarah politik.

Historiografi memiliki pembagian waktu, berurutan dari historiografi tradisional, historiografi kolonial, dan historiografi modern. Secara umm berikut ini adalah penjelasan dari 3 jenis historiografi tersebut:

1. Historiografi Tradisional

Historiografi tradisional merupakan penulisan sejarah yang umumnya dilakukan oleh para sastrawan atau pujangga keraton dan bangsawan kerajaan.

2. Historiografi Kolonial

Historiografi kolonial adalah penulisan sejarah yang ditulis pada masa kolonial. Fokus utama historiografi kolonial adalah kehidupan warga Belanda (Eropa) di Hindia Belanda karena ditulis oleh orang-orang Belanda atau Eropa. Tujuan penulisannya untuk memperkuat kedudukan mereka di Indonesia.

3. Historiografi Modern

Historiografi modern muncul akibat tuntutan ketepatan teknik untuk mendapatkan fakta-fakta sejarah. Fakta sejarah didapat melalui penetapan metode penelitian, memakai ilmu-ilmu bantu, adanya teknik pengarsipan, dan rekonstruksi melalui sejarah lisan. Masa ini dimulai dengan munculnya studi sejarah kritis, yang menggunakan prinsip-prinsip metode penelitian sejarah.

apa itu historiografi apa itu historiografi kolonial apa itu historiografi modern apa itu historiografi kritis apa itu historiografi tradisional apa itu historiografi islam apa itu historiografi nasional apa itu historiografi adalah apa maksud historiografi apa itu legenda historiografi dan kronologi apa itu historiografi dalam sejarah apa yang dimaksud historiografi menurut asal katanya apa pentingnya historiografi bagi manusia apa definisi historiografi tradisional apa fungsi historiografi nasional apa fungsi historiografi apa fungsi historiografi indonesia dalam kehidupan sehari hari jelaskan apa itu historiografi apa historiografi kolonial apa tujuan historiografi kolonial apa kegunaan historiografi apa manfaat historiografi mapa historiografico apa pengertian historiografi apa pengertian historiografi tradisional apa perbedaan historiografi tradisional dan kolonial apa perbedaan historiografi tradisional kolonial dan modern apa persamaan historiografi tradisional kolonial dan modern apa pengertian historiografi modern apa itu historiografi sejarah apakah historiografi tradisional bisa dijadikan untuk sumber penulisan sejarah apa tujuan historiografi tradisional apa tujuan historiografi w historiografia 3 historiografi indonesia 5 historiografi tradisional

No comments:

Post a Comment