Apa Itu Genealogi - Sejarahna - Media Edukasi Universal

Breaking

Wednesday 7 November 2018

Apa Itu Genealogi


Apa Itu Genealogi - Genealogi atau Nasab adalah kajian tentang keluarga dan penelusuran jalur keturunan serta sejarahnya. Ahli genealogi menggunakan berita dari mulut ke mulut, catatan sejarah, analisis genetik, serta rekaman lain untuk mendapatkan informasi mengenai suatu keluarga dan menunjukkan kekerabatan dan silsilah dari anggota-anggotanya. Hasilnya sering ditampilkan dalam bentuk bagan (disebut bagan silsilah) atau ditulis dalam bentuk narasi.

Beberapa ahli membedakan antara genealogi dan sejarah keluarga dan membatasi genealogi hanya pada hubungan perkerabatan, sedangkan "sejarah keluarga" merujuk pada penyediaan detail tambahan mengenai kehidupan dan konteks sejarah keluarga tersebut.

Geneologi sendiri berasal dari dua kata yang berasal dari bahasa Latin, yaitu genea yang artinya generasi dan logos yang berarti pengetahuan atau ilmu. Dengan genealogi, sekelompok masyarakat mampu menelusuri sejarah keluarga mereka sampai ratusan tahun bahkan ada yang sampai ribuan tahun.

Keluarga Confucius atau dikenal juga dengan Kong Hu Cu misalnya, disebutkan menyimpan silsilah mereka sampai lebih dari 2500 tahun dan  tercatat dalam Guiness Book of Record sebagai silsilah keluarga terpanjang yang dicatat resmi dan dipublikasikan ketika keturunan ke 77 Kong Ciu yang bernama Kong De Yong membentuk sebuah komite di Hong Kong pada tahun 1998 dan mempublikasikan silsilah keturunannya.

Pada umumnya penelitian, penelusuran dan penjagaan silsilah dan sejarah keluarga dilakukan oleh keluarga kerajaan, bangsawan, kaum ningrat atau orang-orang ternama di berbagai belahan  dunia, termasuk para keluarga raja, sultan dan keraton beserta keturunannya di Indonesia.

Di Eropa pada abad-abad pertengahan perhatian pada genealogi hanya difokuskan kepada pertalian kekerabatan dan keturunan keluarga kerajaan yang pada umumnya digunakan untuk membuktikan legitimasi atas warisan dan takhta kerajaan. Di Inggris, klaim terhadap kebangsawanan seperti lordship seseorang selalu berkaitan dengan catatan dan dukungan para ahli genealogi yang terkadang bisa dipengaruhi oleh politik dan kekuasaan.

Di masyarakat Arab, khususnya di era sebelum Islam dan dalam masa keemasan Islam, perhatian dan penguasaan akan silsilah keluarga dan suku merupakan hal yang sangat umum dijumpai dan tidak hanya terfokus di kalangan para bangsawan saja tetapi juga di kalangan masyarakat biasa. Hal ini merupakan bagian dari budaya masyarakat yang dilestarikan turun-temurun dan masih bisa dijumpai sampai saat ini.

Sebagian sahabat Nabi yang dikenal mempunyai keahlian dalam ilmu genealogi ini di antaranya Abbas bin Abdul Muthalib dan ‘Aqil bin Abi Thalib. Banyak sejarawan Muslim di zaman keemasan Islam menulis berbagai kitab mengenai genealogi.

Pada umumnya mereka tidak hanya dikenal sebagai ahli sejarah atau ahli nasab tetapi juga sebagai ulama seperti Imam Fakhrurrazi yang terkenal sebagai ahli tafsir sekaligus juga menulis sebuah kitab yang berjudul Asy-Syajarah Al Mubarakah fil Ansab Ath-Thalibiyah yang berisi silsilah keluarga ‘Alawiyin khususnya dari keturunan Ali bin Abi Thalib dan Fathimah Az-Zahra putri Rasulullah Shallalahu Alaihi Wassalam.

Pemeliharaan dan pencatatan silsilah di kalangan keturunan Ahlulbait sangat umum dijumpai di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Di beberapa tempat, hal ini dilakukan oleh lembaga yang disebut Naqabah dan dipimpin oleh seorang yang disebut Naqibul Asyraf.

Para ahli silsilah atau ahli nasab (genealogis) biasanya melakukan penelitian mereka melalui berbagai wawancara dan catatan sejarah untuk mengetahui dan membuktikan keturunan seseorang atau sebuah keluarga yang pada umumnya dilakukan oleh genealogis dari keluarga atau suku itu sendiri.

Penjagaan silsilah keluarga tidak semuanya dilakukan dengan cermat oleh para sejarawan atau anggota keluarga kerajaan dan bangsawan sehingga dalam beberapa hal selalu ada kemungkinan perbedaan versi antara para ahli sejarah dan ahli silislah.
apa itu genealogi apa itu genealogis apa itu genealogical apa maksud genealogis apa maksud genealogi apa itu ikatan genealogis apa itu persamaan genealogis apa itu masyarakat genealogis apa itu kelompok genealogis apa itu kesatuan genealogis apa itu hubungan genealogis h genealogiji morale l genealogico l genealogia apa makna genealogi mapa genealogico mapa genealogico juego de tronos mapa genealogico de la familia mapa genealogico de los dioses griegos mapa genealogico 100 años de soledad mapa genealogico game of thrones mapa genealogiczna mapa genealogico da familia mapa genealogico de cien años de soledad mapa genealogico en ingles o genealogie a harului o genealogii moralności o genealogia apa pengertian genealogi r genealogie u genealogie z genealogii moralności z genealogii moralności pdf z genealogii moralności streszczenie z genealogii moralności chomikuj nz genealogist z genealogii moralności rozprawa 1 opracowanie

No comments:

Post a Comment