Apa Itu Arkeologi - Sejarahna - Media Edukasi Universal

Breaking

Tuesday 6 November 2018

Apa Itu Arkeologi


Apa Itu Arkeologi - Arkeologi berasal dari bahasa Yunani, archaeo yang berarti "kuno" dan logos, "ilmu". Nama alternatif arkeologi adalah ilmu sejarah kebudayaan material. Jadi secara umum, Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan (manusia) masa lalu melalui kajian sistematis atas data bendawi yang ditinggalkan.

Kajian sistematis meliputi penemuan, dokumentasi, analisis, dan interpretasi data berupa artefak (budaya bendawi, seperti kapak batu dan bangunan candi) dan ekofak (benda lingkungan, seperti batuan, rupa muka bumi, dan fosil) maupun fitur (artefaktual yang tidak dapat dilepaskan dari tempatnya (situs arkeologi).

Teknik penelitian yang khas adalah penggalian (ekskavasi) arkeologis, meskipun survei juga mendapatkan porsi yang cukup besar.

Dalam perkembangan selanjutnya dirumuskan bahwa arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari kehidupan manusia pada masa lalu maupun modern yang menekankan pada hubungan semua benda-benda kebudayaannya dengan tingkah laku manusia pada keseluruhan waktu dan tempat.

Secara garis besar tujuan arkeologi yaitu berusaha untuk mengungkapkan tingkah laku manusia masa lalu. Atas dasar itu terdapat sejumlah tujuan yang ingin dicapai dalam studi arkeologi, di antaranya:

  1. Merekonstruksi sejarah kebudayaan
  2. Merekonstruksi cara-cara hidup manusia
  3. Merekonstruksi proses budaya

Karena bertujuan untuk memahami budaya manusia, maka ilmu ini termasuk ke dalam kelompok ilmu humaniora.

Meskipun demikian, terdapat berbagai ilmu bantu yang digunakan, antara lain sejarah, antropologi, geologi (dengan ilmu tentang lapisan pembentuk bumi yang menjadi acuan relatif umur suatu temuan arkeologis), geografi, arsitektur, paleoantropologi dan bioantropologi, fisika (antara lain dengan karbon c-14 untuk mendapatkan pertanggalan mutlak), ilmu metalurgi (untuk mendapatkan unsur-unsur suatu benda logam), serta filologi (mempelajari naskah lama).

Arkeologi pada masa sekarang merangkumi berbagai bidang yang berkait. Sebagai contoh, penemuan mayat yang dikubur akan menarik minat pakar dari berbagai bidang untuk mengkaji tentang pakaian dan jenis bahan digunakan, bentuk keramik dan cara penyebaran, kepercayaan melalui apa yang dikebumikan bersama mayat tersebut, pakar kimia yang mampu menentukan usia galian melalui cara seperti metode pengukuran karbon 14.

Secara khusus, arkeologi mempelajari budaya masa silam, yang sudah berusia tua, baik pada masa prasejarah (sebelum dikenal tulisan), maupun pada masa sejarah (ketika terdapat bukti-bukti tertulis).

Pada perkembangannya, arkeologi juga dapat mempelajari budaya masa kini, sebagaimana dipopulerkan dalam kajian budaya bendawi modern (modern material culture).

apa itu arkeologi apa itu arkeologi publik apa itu arkeologi geologi dan biologi apa itu arkeologi pdf apa itu arkeologi brainly apa itu arkeologi bawah air apa itu arkeologi dan geologi apa itu arkeologi industri apa itu jurusan arkeologi apa itu arkeologis apa itu ahli arkeologi apa itu bidang arkeologi apa contoh arkeologi apa perbedaan arkeologi dan geologi apa itu fakultas arkeologi apa itu arkeologi indonesia apa arti istilah arkeologi apa itu metode arkeologi apa maksud arkeologi apa pengertian arkeologi apa situs arkeologi apa itu teori arkeologis apa itu teori arkeologi apa tujuan arkeologi apa tentang arkeologi arkeologi itu apa ya apa zaman arkeologi

No comments:

Post a Comment