Apa Itu Filosofi - Sejarahna - Media Edukasi Universal

Breaking

Tuesday 6 November 2018

Apa Itu Filosofi


Apa Itu Filosofi - Filosofi adalah kerangka berpikir kritis untuk mencari solusi atas segala permasalahan. Solusi yang ditemukan untuk mengatasi suatu persoalan melalui berpikir secara kritis merupakan buah dari pemikiran filosofis. Apabila solusi suatu persoalan tidak dipikirkan secara matang dan kritis, maka itu bukan merupakan buah pemikiran filosofis.

Secara umum tidak ada perbedaan mendasar antara penggunaan kata Filosofi dan Filsafat. Dalam hal ini, Filsafat adalah kata benda yang dirujuk penggunaanya sebagai sebuah Filosofi.

Sehingga jika diperhatikan, Filsafat adalah kajian masalah umum dan mendasar tentang persoalan seperti eksistensi, pengetahuan, nilai, akal, pikiran, dan bahasa. Istilah ini kemungkinan pertama kali diungkapkan oleh Pythagoras (c. 570–495 SM).

Metode yang digunakan dalam filsafat antara lain mengajukan pertanyaan, diskusi kritikal, dialektik, dan presentasi sistematik.

Pertanyaan filosofis klasik antara lain: Apakah memungkinkan untuk mengetahui segala sesuatu dan membuktikanya? Apa yang paling nyata? Para filsuf juga mengajukan pertanyaan yang lebih praktis dan konkret seperti: Apakah ada cara terbaik untuk hidup? Apakah lebih baik menjadi adil atau tidak adil (jika seseorang bisa lolos begitu saja) Apakah manusia memiliki kehendak bebas?

Secara historis, "filsafat" mencakup inti dari segala pengetahuan. Dari zaman filsuf Yunani Kuno seperti Aristoteles hingga abad ke-19, "filsafat alam" melingkupi astronomi, kedokteran, dan fisika.

Filsafat tidak membuat roti artinya filsafat tidak membahas hal teknis seperti bagaiman cara membuat jembatan yang kokoh untuk dilalui 500 mobil. Namun, filsafat membahas latar belakangnya apakah pembangunan jembatan ini akan berpengaruh positif pada kehidupan manusia? Adakah makhluk hidup yang akan dirugikan atas adanya pembangunan jembatan dan jika iya bagaimana seharusnya keputusan harus dibuat?

Secara tradisional, istilah "filsafat" mengacu pada badan (atau ibu) dari segala pengetahuan. Dalam pengertian ini, filsafat sangat erat kaitannya dengan agama, matematika, ilmu alam, pendidikan, dan politik.

"Prinsip Matematika Filosofi Alam", karya Newton pada tahun 1687 diklasifikasikan pada tahun 2000-an sebagai buku fisika; ia menggunakan istilah "filsafat alam" karena istilah itu digunakan untuk mencakup disiplin ilmu yang kemudian dikaitkan dengan ilmu pengetahuan seperti astronomi, kedokteran, dan fisika.

Pada zaman klasik, Filsafat secara tradisional dibagi menjadi tiga cabang utama:

  1. Filsafat alam ("fisika") adalah studi tentang dunia fisik (physis, makna harfiah: alam);
  2. Filsafat moral ("etika") adalah studi tentang kebaikan, benar dan salah, keindahan, keadilan dan kebajikan (etos, makna harfiah: kebiasaan);
  3. Filsafat metafisikal ("logika") adalah studi tentang eksistensi, sebab-akibat, Tuhan, logika, bentuk dan objek abstrak lainnya ("meta-physika" makna harfiah: "apa yang terjadi setelah fisika").

Pembagian ini tidaklah usang tapi telah berubah. Filsafat alam telah terbagi menjadi berbagai ilmu alam, terutama astronomi, fisika, kimia, biologi, dan kosmologi.

Filsafat moral telah melahirkan ilmu-ilmu sosial, namun tetap mencakup teori nilai (termasuk estetika, etika, filsafat politik, dll.). Filosofi metafisik telah melahirkan ilmu formal seperti logika, matematika dan filsafat sains, namun tetap mencakup epistemologi, kosmologi dan yang lainya.
apa itu filosofi apa itu filosofis apa itu filosofi kopi apa itu filosofi cinta apa itu filosofi pendidikan apa itu filosofi perusahaan apa itu filosofi keperawatan apa itu filosofi dan contohnya apa itu filosofi alam apa yang dimaksud filosofi administrasi perkantoran apa itu paradigma dan filosofi administrasi perkantoran apa arti filosofi itu apa nilai filosofi batik motif truntum contoh filosofi benda c/ filosofia 6-8 contoh filosofi dalam kehidupan sehari hari contoh filosofi diri apa itu filosofi kerja f filosofi apa filosofi hidupmu apa arti filosofi hidup contoh filosofi hidup η φιλοσοφια μου η φιλοσοφια μου στιχοι η φιλοσοφια μας filosofia y-filosofia-org h filosofia m apa itu ilmu filosofi apa itu istilah filosofi apa itu filosofi sepakbola indonesia contoh filosofi kerja contoh filosofi kepemimpinan k filosofii socialismu apa itu landasan filosofi apa landasan filosofi manusia memerlukan agama contoh filosofi logo l filosofi l filosofia analitica apa maksud filosofi contoh filosofi manajemen mapa filosofia griega antigua mapa filosofia mapa filosofia y letras unam mapa filosofia y letras uma mapa filosofico del derecho apa itu nilai filosofi apa filosofi negara indonesia contoh filosofi nama perusahaan contoh filosofi nama n filosofia contoh filosofi organisasi o filosofico pensamento apa pengertian filosofi contoh filosofi pendidikan filosofia que apa dasar filosofi reformasi contoh filosofi rumah sakit apa itu filosofis musik apa itu filosofis pancasila apa itu filosofis normatif contoh filosofi singkat apa itu landasan filosofis apa itu nilai filosofis apa itu pemikiran filosofis s filosofia s. filosofico contoh filosofi tentang wanita contoh filosofi usaha apa itu filosofi wikipedia apakah filosofi warna putih dalam batik contoh filosofi warna apa filosofi yang terdapat pada sapu lidi apa filosofi yang terdapat pada lidah api monas apa filosofi yg terdapat pada sapu lidi apa filosofi yang terkandung dalam bentuk monumen jogja kembali apa filosofi yang terdapat pada sapu lidi brainly apakah filosofi yang terdapat pada tradisi kupatan contoh filosofi yang bagus filosofi itu apa ya 1 filosofia 2 filosofia 3 filosofi 3 filosofi kepemimpinan ki hajar dewantara 3 filosofi pendidikan ki hajar dewantara 3 filosofi dasar yang harus ditekankan ketika hendak memberdayakan wakaf 3 filosofi kopi 3 filosofi giorgione 3 filosofia 3 filosofi greci 3 filosofia de empresas 4 filosofi pemasaran 4 filosofi manajemen pemasaran 4 filosofi 4 filosofi dasar tujuan pembelajaran 4 filosofi terminix 4 filosofi pendidikan 4 filosofi frederick a taylor 4 filosofias de la educacion 4 filosofias del marketing 4 filosofias de la mercadotecnia

No comments:

Post a Comment