Apa Itu Paleontologi - Sejarahna - Media Edukasi Universal

Breaking

Tuesday 6 November 2018

Apa Itu Paleontologi


Apa Itu Paleontologi - Paleontologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan zaman dahulu kira-kira  sebelum awal dari zaman Holocene (kira-kira 11.700 tahun sebelum sekarang). Ilmu bidang paleontologi berasal dari tiga suku kata bahasa yunani yaitu paleos yang berarti memiliki pengertian tua, ontos yang berarti memiliki pengertian hidup dan logos yang berarti memiliki pengertian berupa ilmu.

Jika ketiga suku kata ini digabungkan, maka pengertian paleontologi memiliki arti sebuah bidang ilmu yang mempelajari mengenai bentuk-bentuk dari kehidupan dimana pernah ada pada masa lampau, termasuk di dalamnya bentuk evolusi dan bentuk interaksi satu dengan yang lainnya serta bentuk lingkungan kehidupannya atau dikenal dengan paleokologi yang merupakan bagian dari ilmu bidang paleontologi, selama masa kurun waktu umur bumi atau dalam skala waktu dari geologi terutama pada pengkajian dimana diwakili oleh fosil.

Jika dilihat dari bahan penelitian yang dikaji ilmu bidang paleontologi umumnya berupa fosil dari berbagai macam organisme, bisa kita ketahui pada pengertian diatas bahwa bidang ini juga mempelajari tentang berbagai macam jenis spesies yang bisa dikelompokan dalam bidang ilmu biologi, akan tetapi masih dalam lingkup ilmu geologi.

Sehingga bidang ini memliki batasan berupa kurun waktu antara ilmu biologi dan ilmu geologi. Begitu juga pada penelitian paleokologi yang merupakan ilmu cabang paleontologi dimana bisa dikategorikan masuk bidang ilmu ekologi atau bisa dikatakan adanya hubungan paleontologi dengan ilmu lainnya. Sehingga pada ilmu paleokologi juga mempelajari bentuk lingkungan dari spesies spesies fosil yang ditemukan tersebut.

Pengamatan paleontologi telah didokumentasikan sejak abad ke 5 sebelum masehi. Sains paleontology berkembang pada abad ke 18 ketika Georges Cuvier melakukan anatomi komparatif, dan berkembang secara cepat pada abad ke 19. Istilah paleontologi sendiri berasal dari bahasa Yunani, παλαιός, palaios, "tua, kuno", ὄν, on (gen. ontos), "makhluk hidup" dan λόγος, logos, "ucapan, pemikiran, ilmu".

Paleontologi berada pada batas antara biologi dan geologi, namun berbeda dengan arkeologi karena paleontologi tidak memasukkan kebudayaan Homo sapien modern. Paleontologi kini mendayagunakan berbagai metode ilmiah dalam sains, mencakup biokimia, matematika, dan teknik.

Penggunaan berbagai metode ini memungkinkan paleontologi untuk menemukan sejarah evolusioner kehidupan, yaitu ketika bumi menjadi sesuatu yang mampu mendukung terciptanya kehidupan, sekitar 3.800 juta tahun silam

Dengan pengetahuan yang terus meningkat, paleontologi kini memiliki subdivisi yang terspesialisasi, beberapa fokus pada jenis fosil tertentu, yang lain mempelajari sejarah lingkungan dalam paleoekologi, dan yang lain mempelajari dalam iklim dalam paleoklimatologi.

Bidang ilmu dari paleontologi mulai berkembang sekitar abad ke 19, kemudian di tahun 1990 juga ditemukan beberapa fosil di daerah China yang akhirnya memberikan banyak informasi terbaru studi ilmu dari paleontologi ini mengenai sejarah tentang evolusi dari organisme-organisme baik itu hewan seperti ikan, dinosaurus, burung maupun pengertian evolusi yang terjadi pada mamalia.

Bidang paleontologi ini memiliki persamaan pengertian dengan pengertian ilmu pengetahuan sejarah dimana paleontologi maupun sejarah keduanya mencoba untuk menjelaskan sebab-sebab dibandingkan dengan melakukan sebuah percobaan untuk bisa mengamati gejala atau dampaknya.

Sebagai contoh pada bidang studi sejarah, jika ditemukan suatu peninggalan sejarah berupa arca, maka penelitian terfokus pada arca tersebut merupakan peninggalan dari masa apa, mengapa bisa terkubur, apa saja isinya dan lain sebagainya. Begitu juga dengan ilmu bidang ini, dimana yang dikaji hanyalah sebab-sebab dari fosil yang di teliti tanpa ada percobaan-percobaan seperti pada bidang ilmu fisika dan ilmu kimia.

Berbeda dengan pengertian bidang ilmu yang mempelajari hewan atau tumbuhan yang hidup di zaman sekarang, ilmu bidang paleontologi menggunakan fosil atau jejak organisme yang terawetkan di dalam lapisan kerak bumi dimana telah terawetkan oleh proses-proses alami sebagai sumber utama pengkajian penelitian ilmu bidang paleontologi.

apa itu paleontologi apa itu paleontologi brainly apa itu paleontologi dan nirleka apa itu paleontologist apa itu paleontologis apa itu paleontological apa maksud paleontologi apa itu ilmu paleontologi apa itu ahli paleontologi apa perbedaan paleontologi dan arkeologi apa perbedaan paleontologi dengan paleoantropologi apa arti ilmu paleontologi la paleontologia apa makna paleontologi mapa paleontologia mapa paleontologico mapa paleontologických lokalit mapa paleontologico de bolivia o paleontologia apa pengertian paleontologi 3. paleontological studies use fossil pollen because 5 paleontologist jobs

No comments:

Post a Comment